-->

Wednesday, February 26, 2014

Sekedar Usulan Untuk Caleg Kreatif dan Efektif dalam Berkampanye

Sekedar Usulan untuk Caleg: Menindak lanjuti tulisan saya kemarin yang berjudul Adakah Parpol yang peduli lingkungan, kali ini saya ingin menulis tentang cara berkampanya para caleg yang masih banyak menggunakan cara-cara lama seperti bisa kita lihat di pinggir jalan dengan memasang foto caleg berukuran besar mirip poster pertunjukan atau film India di bioskop. Memang benar cara-cara demikian itu efektif untuk sosialisasi dari calon legislatif karena masyarakat akan secara langsung melihat foto dan mungkin sedikit misi dalam beberapa baris kata-kata. Tapi apakah tidak ada cara lain yang lebih bermanfaat secara langsung untuk masyarakat yang mungkin akan lebih membekas, bukan sekedar hiasan jalan raya yang malah mengganggu pemandangan.

Sekedar Usulan Untuk Caleg Kreatif dan Efektif dalam Berkampanye
Sekedar Usulan Untuk Caleg, Gambar dari : metrotvnews.com
Memang mungkin tidak semua caleg menggunakan model kampanye gambar seperti itu, tapi nyatanya masih banyak kita lihat di sepanjang jalan raya, baliho, banner dan spanduk terpampang di jalan raya, mungkin juga di angkutan umum yang juga jadi sarana kampanye.

Usulan untuk para caleg yang kiranya dapat dipertimbangkan ketika menggunakan dana kampanye selain dari cara-cara di atas, adalah misalnya:
  • Membuat program peduli lingkungan di desa-desa, seperti mengadakan program bank sampah, yaitu program pengumpulan sampah dari warga yang di koordinir oleh kelurahan, pengelolaan sampah disini bisa dalam bentuk dijual kembali sampah-sampah yang masih bernilai jual maupun diolah menjadi sesuatu yang mempunyai nilai jual.
  • Membuat program peduli lingkungan secara langsung, misalnya program sanitasi lingkungan yang meliputi drainase, saluran air, saluran pembuangan atau pengadaan air bersih.
  • Membuat program pengadaan energi untuk daerah yang kesulitan listrik.
  • Membuat program perbaikan infrastruktur atau pengadaan fasilitas sosial
  • Membuat program ajakan untuk kembali bertani dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan pertanian, seperti pengadaan benih, pengadaan penyuluh lapangan dan pendampingan kepada petani maupun calon petani.
  • Memberikan akses pengetahuan pertanian yang lebih modern dengan mendatangkan ahli-ahli di bidang inovasi pertanian seperti misalnya, Cara Membuat Em4 dan teknologi pertanian lainnya.
Itulah beberapa usulan yang semuanya membutuhkan dana dan pemikiran yang tidak mungkin dilaksanakan oleh masyarakat sendiri terkait masalah pendanaan. Misalnya para Caleg mau mengalihkan dana kampanye untuk kegiatan seperti diatas rasanya akan mendatangkan respon yang positif dari masyarakat, bukan hanya model kampanye yang sudah dari jaman purbakala.

Demikian usulan untuk para caleg mudah-mudahan bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk para calon legislatif maupun partai politik pada umumnya untuk menyalurkan ongkos kampanye mereka secara langsung kepada masyarakat. 

Sekedar Usulan Untuk Caleg Kreatif dan Efektif dalam Berkampanye Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sonykuda

1 comments: