-->

Thursday, December 26, 2013

Waspadai Penipuan Jual Beli Online

Perkembangan internet yang pesat memang memberikan kemudahan kita dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari akses informasi hingga jual beli barang yang turut mengikuti perkembangan bisnis secara online. Berkembangnya transaksi secara online sudah tentu menimbulkan efek samping yang terkadang membuat miris, banyak terjadi penipuan yang menimbulkan ketidakpercayaan bahkan keengganan pembeli untuk melakukan transaksi online. Karena inilah saya mengangkat judul Waspadai Penipuan Jual Beli Online.
Waspadai Penipuan Jual Beli Online

Waspadai Penipuan Jual Beli Online

Mencermati penipuan ini saya mencoba search google tentang hal ini, dan hasilnya sungguh mencengangkan, karena banyak sekali posting di blog maupun di forum yang menuliskan tentang adanya penipuan seperti uang sudah ditransfer ke rekening penjual tapi barang tidak dikirim, dan modus penipuan dengan berpura-pura kepepet mau jual barang karena butuh uang mendesak dan modus-modus lain yang memang ternyata harus diwaspadai.

Beberapa hal yang perlu di waspadai agar terhindar dari penipuan jual beli online:
  • Biasakan menggunakan COD (Cash on Delivery), yaitu bertransaksi dengan memilih satu tempat yang disepakati untuk bertemu dan melakukan proses jual beli, sehingga kedua belah pihak sama-sama mengetahui, bila perlu bawa teman untuk menyaksikan.
  • Menggunakan Rekber (Rekening Bersama), Rekening bersama adalah metode transaksi dengan menggunakan sebuah nomor rekening bersama yang sudah disepakati dengan fee yang ditentukan, biasanya sebuah forum menyediakan Rekber.
  • Teliti dulu dengan siapa kita bertransaksi. Search google nama, nomor rekening, profil dan lain-lain yang berhubungan dengan transaksi kita, karena siapa tahu sudah ada yang pernah menjadi korban penipuan kemudian melaporkan ke forum atau mempublikasikan dalam blog.
Dengan waspada dan selalu update berita dan aktif di forum diharapkan bisa meminimalisir penipuan transaksi online. 

Oh iya, ada website yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk mencari info seputar penipuan online, namanya http://datapenipu.com, di web itu banyak yang sudah memposting tentang penipuan yang juga disertai dengan foto buktinya.

Semoga Tulisan ini menjadikan kita waspada, jangan sungkan-sungkan untuk bertukar berita, bertanya-tanya di forum. 

  

Waspadai Penipuan Jual Beli Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sonykuda

0 comments:

Post a Comment